Pengertian dan Perbedaan Grafis Secara Umum

Diposting pada 364 views

Pengertian dan Perbedaan Grafis Secara Umum

Pengertian dan Perbedaan Grafis Secara Umum
Selamat pagi/siang/sore/malem ataupun selamat ulang tahun bagi yang ulang tahun. Pada kesempatan kali ini ane mau memposting tentang grafis. Apa sih itu grafis??? Gara-gara fifis atau apa??? Daripada nglantur ngalor ngidul kaga’ jelas langsung simak yang satu ini, mana tahu bener.
Grafis adalah kombinasi dari titik-titik yang nantinya menghasilkan bentuk visual tertentu. Titik-titik tersebut tidak selalu berbentuk titik hitam, tetapi juga bisa berbentuk titik-titik dengan bermacam warna, tergantung dari jenis grafis itu sendiri. Kombinasi titik-titik tersebut bisa berupa rumusan matematika dengan menentukan koordinat dari tiap titik. Grafis seringkali dihubungkan dengan desain, atau sering disebut desain grafis.

Perbedaan grafis secara umum dilihat dari tampilan 2D dan 3D yang dilihat dari sudut pandangnya. tampilan 2D menggunakan koordinat x dan y contoh 2D adalah Animasi yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun, sedangkan 3D menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata,contoh 3D adalah karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba-­lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc, Jimmy Neutron hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).

peluang-usaha-depot-air-minum

A. Grafis Vektor
Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.

Kelebihan Grafis Vektor
· Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
· Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
· Dapat dicetak pada resolusi tertingi
· Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan

Kekurangan Grafis Vektor
· Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
· Memiliki keterbatasan dalam mendefinisikan warna dan membuat gradasi warna.

Aplikasi grafis vektor
Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain ; CorelDRAW, Macromedia FreeHand, Adobe Illustrator, Micrografx Designer, Beneba Canvas, AutoCAD, Metacreations Expression, dll. Format file pada grafis vektor antara lain *.eps,*.wmf,*.svg,*.pict, atau sesuai dengan software grafis pembentuknya.

B. Grafis Bitmap
Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.
Kelebihan dan kekurangan grafis vektor dan bitmap
Kelebihan Grafis Bitmap
* Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
* Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan

Kelemahan Grafis Bitmap
* Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
* Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah

Aplikasi grafis bitmap
Program aplikasi grafis bitmap antara lain; Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT, Microsoft Photo Editor, Metacreations Painter, Wright Image, J Paintshop, dll. Format file pada grafis bitmap antara lain; *.bmp,*.jpg,*eps,*.gif,*.tiff,*.pcx, dll. Satuan untuk ukuran grafis bitmap ini adalah DPI ( Dots Per Inch).

Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap.

Pengertian dan Perbedaan Grafis Secara Umum

Berikut ini adalah Jenis-jenis Desain Grafis :

1. Drafter
Desainer khusus untuk membuat arsitektur dan rancang bangun yang simetris dan digunakan untuk keperluan pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi dan rancangan. Membutuhkan orang orang yang ahli di software (Autocad, Archicad, 3d revit architecture). Sangat dibutuhkan di dunia arsitektur dan industri.

2. Editor
Desainer khusus untuk membuat kover, sampul, banner, dsb. Dan juga membuat karya karya desain grafis misalnya: brosur, kartu nama, pin, logo, poster, dsb. Yang memerlukan sentuhan pandangan dan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw,Adobe Photoshop,Freehand,Illustrator. Sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan publikasi.

3. Layouter
Desianer khusus untuk membuat tatanan layout sebuah majalah atau koran atau publikasi yang lainya dan diharuskan mempunyai feel untuk tata letak agar enak dilihat. Sedangkan aplikasi yang harus dikuasai adalah Adobe Page Maker, MS.Publisher, Adobe In Design. Sangat dibutuhkan dipercetakan dan industri koran/buku/majalah.

4. Art Director
Desainer khusus unuk membuat karya karya seni dari komputer yang bisa digunakan untuk visual effects ataupun hanya untuk hiasan saja. Membutuhkan kreativitas tinggi untuk membuat karya agung yang akan dibuat. Sedangkan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw, Photoshop, Photo paint, Art creator. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman, seniman visualisator, foto editing effects.

5. Fotografer
Desianer khusus yang selain melakukan pengeditan foto juga merangkap sebagai fotografer, harus memiliki talenta khas fotografer serta mampu mengedit foto sesuai event atau yang perfect. Membutuhkan intelegensi tinggi kreativitas tinggi dan harus menguasai adobe photoshop,ieworks,photo studio. Sangat dibutuhkan didunia fotografi, foto editor, wartawan, dsb.

6. Animator
Desainer khusus bekerja pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Harus memiliki daya tahan tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi , pengalaman dan harus menguasai Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel Rave. Dibutuhkan di dunia advertising, perfilman, pertelevisian.

7. Visualisator
Desainer khusus untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk.

8. Video Editor
Desainer khusus untuk mengedit video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe After Effects, 3d Maya, Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Sony Vegas, Pinneacle. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman dan industri musik.

9. Integrated Desainer
Desainer khusus yang membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya pembuatan game, cd interaktif, web desain, dsb. Desainer harus menguasai hampir semua elemen desain. Sangat dibutuhkan di industri informatika.

Sekian Informasi mengenai Pengertian dan Perbedaan Grafis Secara Umum, Bagi bapak/ibu semua yang sedang mencari info tempat untuk Pelatihan Kursus Komputer Ber-SERTIFIKAT dengan tarif harga kursus yang cukup terjangku dan kompetitif dengan kualitas layanan Kursus yang Kompeten dan Professional, silahkan menghubungi ke Nomor Telpon Kontak Layanan CS Kami Disini. terimakasih sudah berkunjug di Website INDO-SOLUTION yang menginformasikan tentang artikel Pengertian dan Perbedaan Grafis Secara Umum ini, Salam Sukses Selalu Ya. (Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *